Bisnis Kelapa Menuai Keuntungan yang Bercabang

Banyak bisnis yang sebenarnya bisa anda garap lebih jauh lagi. misalnya saja buah kelapa yang terkenal banyak manfaatnya yang bercabang dari minuman, kosmetik, kebutuhan sehari-hari dan masih banyak lagi hal yang bisa anda temukan dari buah kelapa ini.

Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu jenis tumbuhandari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna. Tumbuhan yang merupakan tanaman tropis ini tumbuh subur di daerah pesisir, tidak memerlukan perawatan khusus. Dari buah, batang sampai daun tanaman ini mempunyai potensi yang dapat dikembangkan menjadi sebuah peluang usaha. Mau tahu peluang usaha apa saja yang dapat dikembangkan dari tanaman kelapa ini? Simak lebih lanjut.
I. BUAH KELAPA
Bagian tumbuhan kelapa yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas adalah buah kelapa. Buah besar, diameter 10 cm sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah terdiri dari bagian-bagian : SABUT kelapa (mesokarp)berupa serat yang berlignin, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp. Air kelapa (endospermium) berupa cairan yang mengandung banyak enzim, dan fasa padatannya mengendap pada dinding endokarp ketika buah menua; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (disebut kentos).
Masing-masing bagian dari buah kelapa ternyata memiliki kegunaan yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Mari kita bahas lebih lanjut manfaat apa yang dapat diperoleh dari tiap-tiap bagian buah kelapa tersebut.
A. AIR KELAPA
Selain dapat dimanfaatkan langsung sebagai minuman segar dengan berbagai manfaat yang terkandung didalamnya, air kelapa dapat diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk yaitu :
a. Sari kelapa Nata De coco
b. Coco Vinegar
c. Kecap Kelapa
d. Minuman dari kelapa
B. DAGING KELAPA
Secara tradisional daging kelapa dimanfaatkan sebagai bahan masakan dibuat santan atau minyak kelapa dengan cara sederhana. Dalam industri daging kelapa dapat dimanfaatkan lebih lanjut menjadi :
a. Daging Kelapa Parut
1. Minyak kelapa
2. Low Fat Desicated Coconut
3. Cocomix ; dapat diolah lebih lanjut sebagai :
3.1. Concentrated cocomix
3.1.1. Virgin oil ; digunakan sebagai bahan kosmetik
3.1.2. Skim milk
3.2. Skim Milk ; digunakan sebagai bahan Coco shake
b. Kulit Ari Daging Kelapa
Dalam industri, kulit ari daging kelapa kelapa ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan :
1. Semi Virgin Oil
2. Coco shake
c. Kopra
Pemanfaatan dagin kelapa sebagai kopra sudah banyak dilakukan, hasil pengolahan lanjutannya berupa :
1. Minyak Kelapa
1.1. Minyak goreng
1.2. Coco Chemical
2. Bungkil Kelapa, dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak
C. TEMPURUNG KELAPA
Tempurung kelapa diproses lebih lanjut yaitu dengan pembakaran menjadi Arang. Arang tempurung kelapa itu sendiri dimanfaatkan lebih lanjut sebagai :
a. Tepung Arang
b. Karbon Aktif
D. SABUT KELAPA
Secara tradisional sabut kelapa belum banyak digunakan, namun dalam industri sabut kelapa ini daspat diolah lebih lanjut menjadi beragam produk yaitu :
a. Serat , bagian dari sabut kelapa ini ternyata memiliki beragam manfaat, yaitu iolah sebagai :
1. Rubberized
2. Matras
3. Kerajinan
4. Geotextile karpet
Pengolahan serat sebagai Rubberized dan Matras dimanfaatkan dalam pembuatan jok mobil, kasur dan pelapis panas
b. Bristle, dimanfaatkan lebih lanjut dalam pembuatan :
1. Genteng
2. Hardboard
c. Debu Sabut, selanjutnya diproses sebagai bahan :
1. Coco peat, diolah lebih lanjut menjadi :
1.1. Substitusi gambut alam
1.2. Hard board
1.3. Isolator listrik
2. Compos
II. BATANG KELAPA
Pemanfaatan batang kelapa sudh dilakukan sejak jaman dahulu kala, yaitu sebagai :
A. Bahan Furniture
B. Bahan Bangunan
III. LIDI
Bagian daun kelapa sudah umum dimanfaatkan bagian tulang daunnya sebagai lidi. Lidi itu sendiri digunakan sebagai sapu lidi ataupun untuk beranekaragam barang kerajinan seperti box hantaran pengantin, tas dsb.
Dari uraian diatas jelas bukan bahwa dari sebuah pohon kelapa dapat dihasilkan berbagai macam produk dengan nilai ekonomi yang tinggi. Anda berminat menjadikan kelapa sebagai sebuah peluang usaha ? Selamat berkarya
sumber artikel: http://wimbogroup.blogspot.com/

Your email address will not be published. Required fields are marked *