Cara Jitu Mengembangkan Usaha Kerupuk/Keripik Agar Semakin Sukses

Related image

Sebuah usaha kecil jika di lakoni dengan serius, bukan tidak mungkin akan menjadi usaha yang besar dan menguntungkan. Seperti usaha kerupuk rumahan ini, kebanyakan orang pasti meremehkan karena harga jual yang tidak seberapa. bayangkan harga kerupuk hanya 500 rupiah. Dengan harga jual sebegitu murah nya belum dipotong biaya produksi dan lainnya paling pembuatnya hanya mendapatkan untung 100 rupiah saja atau bahkan kurang, jaman sekarang uang dengan pecahan 100 rupiah saja sudah jarang ditemui. Rata-rata kebanyakan orang pasti berpikiran demikian.

Bisnis rumahan produksi kerupuk bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan industry kerupuk di Indonesia didominasi oleh jenis usaha rumahan. Oleh karenanya, anda tidak perlu merasa takut atau minder akan kalah bersaing dengan pabrik-pabrik besar. Salah satu keuntungan bisnis rumahan yang tidak dimiliki pabrik atau jenis usaha besar adalah modalnya yang bisa dibuat minim dan komunikasi dengan konsumen yang lebih terjaga. Dan faktanya, banyak konsumen yang lebih menyukai kerupuk produksi usaha rumahan dikarenakan harganya yang lebih bersahabat dan rasanya pun tak kalah enaknya. So, dengan semua fakta yang ada diatas, tak ada salahnya jika anda beralih mencoba bisnis rumahan makanan ringan produksi kerupuk di masa mendatang.

Keunggulan bisnis rumahan produksi kerupuk adalah bahwa anda bisa menjualnya dalam bentuk mentah maupun masak. Jika anda ingin lebih mudah, anda bisa menjualnya dalam bentuk mentah yang sudah dikemas dengan apik. Namun sangat disarankan untuk juga menyediakan produk jadinya alias yang sudah digoreng demi meningkatkan nilai harga di pasar. Selain itu, konsumen saat ini umumnya menginginkan sesuatu yang instan dan langsung makan. Namun kelemahannya adalah dengan digoreng maka daya tahan produk anda akan lebih singkat. Selain itu proses produksi menjadi semakin panjang dan rumit karena ditambah proses penggorengan. Namun itu semua terbayar dengan harganya yang bisa mendekati 2 kali lipat dari harga mentah. Dan apapun yang anda pilih, keputusan ada di tangan anda sebagai pelaku bisnis. Jadi, putuskan dengan bijak berdasarkan pertimbangan yang matang.

Peluang usaha Pabrik Kerupuk/keripik pun menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang menjadi primadona. Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan.

Berikut Adalah daftar 7 cara aplikatif untuk mengembangkan peluang usaha yang sedang Anda tekuni saat ini.

1. Memodifikasi produk Untuk kembangkan peluang Usaha Pabrik Kerupuk/keripik

Untuk menngembangkan usaha Pabrik Kerupuk/keripik Anda salah satu yang harus dilakukan adalah memodifikasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Ingat, memodifikasi produk yang sudah ada lebih baik daripada harus mengeluarkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing pasar.

Sekarang coba lihat, di peluang usaha Pabrik Kerupuk/keripik yang Anda garap siapa saja pemainnya dan apa fitur atau keunggulan dan kekurangan produk dan layanan mereka. Kemudian pelajari juga trend yang ada saat ini, misalnya tren warna, isu dan lain-lain. Hasil dari riset ini akan memunculkan ide segar untuk memodifikasi produk yang unik, sesuai dengan selera pasar dan mengikuti trend. Peluang usaha Pabrik Kerupuk/keripik banyak dilirik orang, saatnya Anda memberikan yang terbaik

Satu saran juga untuk Anda adalah perhitungkan biaya untuk memodifikasi, modifikasi produk tak perlu berbiaya mahal. Ingat tujuan Anda adalah menambah keunikan dan nilai tambah bukan menjadikan produk atau layanan Anda lebih mahal.

2. Membundling produk Untuk kembangkan peluang Usaha Pabrik Kerupuk/keripik

Jika pada poin pertama telah dibahas bagaimana mengembangkan peluang usaha dengan memodifikasi produk, pilihan kedua adalah bundling produk. Apa itu bundling produk ? simplenya anda akan menjual produk A dan produk B dengan harga paketan. Atau jika telah membeli produk A maka produk B dapat dibeli dengan harga lebih murah. Contohnya misalnya bundling produk antara rexona dan adidas misalnya, untuk setiap pembelian produk adidas mendapatkan rexona for man.

Bundling produk dapat dilakukan dengan membuat paket antara produk A dan B di perusahaan sendiri atau jika lebih jauh lagi dapat dilakukan bundling produk antara perusahaan Anda dan perusahaan orang lain. Peluang usaha di antara kedua perusahaan bisa tumbuh lebih besar

3. Buat nama produk yang unik

Apakah nama produk mempengaruhi peluang usaha yang kita jalankan ? Nama produk yang unik tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti sebuah nama ? penamaan produk yang unik akan meudahkan market mengingat apa yang kita tawarkan. Anda ingat dengan produk rawon setan ? bunga gelombang cinta ? Donat pink ? dan sebagainya. Nama / brand yang unik harus dipikirkan agar konsumen mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Akan lebih bagus lagi jika nama produk yang Anda tawarkan mengandung arti tertentu. Peluang usaha harus digarap dengan maksimal dengan brand/ nama produk yang juga maksimal

4.  Bekerjasama dengan komunitas

Community marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama. Peluang usaha yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Garuda indonesia misalnya menafaatkan komunitas golf untuk bekerjasama dalam beberapa event dan program penjualan Garuda.

Tak hanya Garuda, Djarum Black juga sangat cerdas mengelola komunitasnya. Bahkan komunitas ini sangat terkenal di beberapa daerah karena aktif melakukan gathering. Nah bagi Anda yang sedang mengenbangkan peluang usaha Pabrik Kerupuk/keripik anda boleh menawarkan voucher atau layanan tertentu dan khusus untuk komunitas di kota Anda.

Jumlah anggota komunitas yang banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk / layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha Anda.

5. Promosi dengan social media

Anda masih ingat kripik pedas maicih? Yap produk ini adalah salah satu contoh produk yang sukses menjadikan social media untuk penetrasi pasar. Brand lain adalah Brodo, merek sepatu kulit dari bandung, dan masih banyak lagi.

Menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha jadi alternatif utama di tengah mahalnya biaya iklan di media konvensional. Selain itu channel social media dapat dikelola sendiri oleh Anda.

Perlu Anda ketahui pengguna social media di Indonesia sangat banyak dan aktif, di twitter misalnya indonesia sering menyumbang trending topic dunia untuk berbagai isu. Adapun facebok telah menjangkau hingga pelosok desa karena banyaknya handphone murah sehingga semakin banyak yang bisa mengakses internet. Banyak orang menggunakan social media untuk mengembangkan peluang usaha yang mereka tekuni

Dengan social media anda dapat mempromosikan produk atau layanan Anda secara gratis dan langsung menyentuh konsumen yang Anda sasar. Tunggu apalagi, buat sekarang akun social media Anda sebagai channel penjualan termasuk sebagai saluran komunikasi untuk mengenalkan produk Anda.

6.  Buat iklan yg unik

Ada yang bilang iklan yang bagus itu adalah iklan yang menjual, alias mampu menghasilkan penjualan, tapi jangan lupa. Iklan hanya akan dilihat orang jika iklan yang Anda buat untuk mempromosikan produk Anda cukup unik. Keunikanlah yang membuat orang mau berhenti selama beberapa detik melihat iklan Anda.

Apakah susah membuat iklan yang unik ? tidak juga. Jika Anda sudah memiliki anggaran iklan . sudah waktunya Anda mengembangkan peluang usaha yang Anda pilih saat ini dengan menggandeng desainer grafis atau vido producer untuk membuat iklan yang unik. Silahkan buka youtube dan carilah referensi ide iklan menarik dari negara Thailand.
Smber :putuputrayasa/peluangusaharumahan

Your email address will not be published. Required fields are marked *