Cara Menanam Bunga Bogenville Dan Stek Batang

 

Image result for bunga bougenville

Bunga Bugenvil merupakan bunga yang berasal dari Negara Amerika Selatan, sama seperti bunga begonia yang berasal juga dari Negara tersebut, namun sekarang bunga yang memiliki nama latin bougenvillea galbra choi. Tanaman tersebut sudah tersebar diseluruh wilayah tropis, diantaranya adalah Negara kita ini yaitu Indonesia. Bunga bugenvil ini termasuk tanaman hias yang saat ini sedang banyak dibudidayakan. Di Indonesia sendiri bunga bugenvil yang memiliki keindahan yang tidak biasa mulai diperkenalkan pada tahun 1961.

Tanaman hias ini dapat tumbuh di semua dataran, mulai dataran rendah hingga dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 1200Mdpl. Jika ditanam di tanah yang subur dan gembur bunga bugenvil ini daunnya bisa tumbuh sangat subur, yang berakibat pada pertumbuhan bunga, serta bunga dari bugenvil ini akan menjadi sedikit. Karena sangat lebat daunnya, jika ditanam di daratan yang kering dan kurang subur maka akan tumbuh banyak bunga dibandingkan daunnya. Itulah salah satu nya alasan mengapa daun ini disukai banyak orang. Bunga bugenvil juga termasuk tanam perdu tahunan. Dimana bunga tersebut memiliki tangkai batang yang kecil namun memiliki banyak cabang serta mengayun tapi tinggi. Tingginya bisa mencapai kisaran 5 – 15 meter. Bentuk dari bunga bugenvil memiliki bentuk tabung yang memiliki ukuran kecil kira-kira panjang nya hanya mencapai 2 cm. Warna bunganya beraneka ragam, ada yang putih, merah, merah muda, dan juga kuning. Tanaman hias ini bunganya bertekstur seperti kertas, sehingga banyak yang menyebutnya bunga kertas. Selain pada bunganya, bugenfil juga memiliki keunikan lain yaitu pada daunnya yang memiliki dua waran, yakni hijau muda di bagian pangkal dalam dan tepinya berwarna hijau tua. Tanaman hias bunga bugenfil ini di kembangkan dengan cara stek batang atau dengan mencangkok.

cara budidaya tanaman hias bunga kertas terbilang mudah dikarenakan perawatannya yang simpel dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama dikarenakan tanaman ini memang adalah tanaman yang cocok untuk ditanam pada kawasan yang memiliki iklim tropis. Nah, untuk anda yang berniat membudidayakan tanaman ini, berikut kami berikan tips cara budidaya tanaman hias bunga kertas yang tepat dan mudah.

Tanam Bougenville dengan Stek Batang

Sama seperti bunga melati, bougenville juga bisa ditanam dengan mudah melalui stek batang. Anda cukup memotong batang tanaman yang telah berusia dewasa secara menyerong. Setelah itu, tanamkan batang tersebut ke dalam media tanam dengan kedalaman 3-5 cm. Proses penanaman sebaiknya dilakukan saat pagi hari agar tingkat harapan hidup bibit tanaman semakin tinggi.

Campurkan Pasir Sebagai Media Tanam

Bunga kertas sangat menyukai media tanam yang agak berpasir. Kandungan pasir dalam media tanam memungkinkannya bersifat porous alias berpori-pori. Dengan demikian tingkat kelembaban media tanam pun bisa tetap dipertahankan keidealannya. Anda bisa menggunakan pasir sebanyak sepertiga dari jumlah media tanam secara keseluruhan.

Pangkas Tanaman Secara Teratur

Agar tanaman bougenville yang anda pelihara rajin berbunga, rahasianya adalah memangkas ranting-ranting tanaman tersebut secara teratur. Pemangkasan dilakukan pada cabang, ranting, dan daun seperlunya saja serta tetap memperhatikan aspek estetika tanaman. Jangan biarkan bunga kertas anda dipenuhi dedaunan karena akan membuatnya malas berbunga.

Lakukan Pemupukan Ulang

Pemupukan ulang juga perlu dilakukan secara teratur guna menjaga tingkat kesuburan media tanam. Pemupukan paling baik menggunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang dan pupuk kompos, dengan dosis sesuai kemasan. Idealnya, intensitas pemupukan ulang ini dilakukan setiap sebulan sekali. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pupuk kimia terutama bagi anda yang masih pemula dalam menanam bunga kertas.

Perawatan

Setelah tanaman hias bougenville melalui proses penanaman, tindakan selanjutnya yang harus dilakukan adalah tindakan perawatan untuk menunjang pertumbuhanya. Sama seperti tanaman lain, untuk menunjang pertumbuhannya tanaman hias bunga kertas memerlukan asupan air yang cukup. Oleh itu lakukan penyiraman secara rutin setiap hari saat pagi dan sore hari. Jangan lupa pula lakukan pemberian pupuk setiap 2 minggu sekali, dan jangan lupa potong tangkai yang mati dan mengganggu.

 

Image result for bunga bougenville
Coba Teknik Sambung Pucuk

Saat ini, tengah tren bougenville yang mempunyai bunga berwarna-warni dalam satu tanaman. Sebenarnya, untuk membuat bunga kertas seperti ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu berani mencoba menyambungkan pucuk-pucuk bougenville dari spesies lain ke batang tanaman bougenville yang telah berusia dewasa. Biarkan pucuk-pucuk bougenville tersebut tumbuh dan menyatu dengan batang pokok utama. Hasilnya, dalam satu tanaman bunga bougenville terdapat berbagai pucuk spesies bougenville yang memiliki bunga dengan warna berbeda-beda.
Langkah Sambung Pucuk Tanaman Bougenville

Langkah pertama tentukan target tanaman yang akan disambung bagian pucuknya. Tanaman ini dapat ditumbuhkan dari hasil stek maupun cangkok cabang bougenville sebelumnya. Pilih cabang yang masih muda dengan warna masih kehijauan. Pemilihan cabang yang masih muda berdasarkan pengalaman lebih banyak berhasil dibandingkan cabang batang yang sudah berwarna coklat.

Siapkan peralatan kerja, cukup mengandalkan pisau cukur yang masih tajam untuk pemotongan, tali untuk pengikat dan selubung plastik untuk membungkus hasil sambungan nantinya.

Berikutnya pilih pucuk dari bougenvile jenis lain, bisa dari variasi daunnya dan juga bunganya. Di contoh ini batang bawah memiliki warna hijau polos sementara calon sambungan atasnya memiliki warna daun hijau dengan corak warna putih. Pilih cabang yang juga masih muda, dengan diameter kurang lebih sama dengan cabang batang bawahnya. Jika persediaan cabang bawah yang seukuran sukar diperoleh, bisa juga dipilih cabang bawah yang sedikit lebih besar dari calon sambungan atasnya, asal jangan yang lebih kecil.

Berikutnya proses penyambungan, potong cabang batang bawah dengan silet, kemudan belah potongan tadi perkirakan di tengah-tengah diameter batang. Karena batangnya kecil maka tidak perlu dibentuk huruf V, jadi cukup dibelah atau diiris saja.

Siapkan sambungan atas, potong target dengan silet kemudian pangkas daunnya bisa dengan silet atau gunting. Sisakan beberapa helai daun yang masih kuncup di pucuk batang. Di bagian pangkal batang tipiskan di kedua permukaan batang iris dengan silet. Pengirisan sebisa mungkin satu kali jalan, agar permukaannya rata sehingga saat diselipkan di batang bawah permukaannya dapat menempel dengan baik.

Jika sudah segera selipkan batang atas tadi ke batang bawah. Paskan sehingga tidak miring ke kiri atau ke kanan.

 

Ikat dengan tali, jangan terlalu ketat, cukup diperkirakan tempelan keduanya menyatu dengan baik karena ikatan yang terlalu kuat justru dapat merusak jaringan batangnya.

Berikutnya untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban, bungkus sambungan tadi dengan plastik makanan atau plastik yang biasa buat bungkus gula.

Terakhir letakkan pot sambungan tadi ditempat yang teduh, hindarkan dulu dari paparan sinar matahari langsung. Hindarkan juga dari tiupan angin kencang, dan jauhkan dari jangkuan anak-anak kecil agar sambungannya tidak digoyang-goyang.

Dalam beberapa hari diharapkan sambungan mulai menyatu, ditandai dengan tidak layunya batang atas. Selubung plastik bisa dibuka, untuk ikatannya jangan buru-buru dibuka, tunggu hingga benar-benar menyatu.

Aneka Warna

Beberapa dokumentasi warna bougenville dapat dilihat di Macam warna dan Corak Bougenville.

Sumber : pakarbudidaya//daunijo

Your email address will not be published. Required fields are marked *