Cara Menjadi Rekan Kerja yang Kooperatif

Didalam kehidupan kita pasti saling bersosialisasi dengan orang lain, apalagi di tempat kerja. Tentunya kondisi ini akan menuntut anda untuk saling berkomunikasi dengan rekan kerja anda. Namun tak semua rekan kerja bisa membuat anda merasa nyaman. Alangkah baiknya jika kita tiru tips berikut agar menjadi rekan kerja yang baik dan ramah.
Dalam bekerja di suatu perusahaan tentu Anda akan berinteraksi dan berkerjasama dengan rekan kerja lainnya. Ada kalanya jika Anda tahu bagaimana pandangan rekan kerja terhadap Anda. Jika terasa ada yang mengganjal, mungkin saja ada sesuatu yang salah. Menjadi rekan kerja yang baik memang tidak mudah. Terkadang hal yang menurut Anda benar bisa saja di salahkan oleh rekan kerja Anda. Terkadang Anda juga bisa menjadi kesal gara-gara tingkah rekan kerja Anda. Agar tidak muncul konflik antara Anda dan rekan kerja, berikut ada beberapa kita menjadi rekan kerja yang baik.
1. Hindari bergosip Tentu saja Anda perlu berkomunikasi dengan sesama rekan kerja. Namun jika ada rekan kerja yang mulai menceritakan gosip, sebaiknya Anda simpan gosip itu sendiri dan jangan biarkan orang yang lainnya mengetahuinya. Usahakan untuk tidak menjadi biang gosip di kantor. Karena bisa jadi orang yang Anda gosipkan marah dan akhirnya membenci Anda.
2. Menjadi pribadi yang positif Kepribadian yang positif merupakan hal yang penting. Hal ini dapat membantu Anda untuk tidak melakukan hal negatif misalnya, seperti mengeluh tentang suatu pekerjaan yang sedang dilakukan. Berhati-hatilah dengan keluhan Anda. Jangan biarkan Anda menjadi rekan kerja yang menjengkelkan hanya karena suka mengeluh ketika bekerja.
3. Diam itu emas Usahakan untuk berbicara pelan saat Anda sedang dalam pembicaraan di telepon. Perhatikan rekan kerja Anda lainnya yang berada di sekeliling Anda. Jangan sampai bunyi telepon Anda mengganggu konsentrasi mereka. Ada baiknya jika Anda merubah volume dering telepon dengan tingkat terendah. Jika Anda menggunakan ponsel, pastikan juga bahwa ponsel dalam mode ‘silent’.
4. Menghargai privasi Meskipun Anda terbilang dekat dengan rekan kerja dan duduk bersebelahan di dalam ruangan yang sama, namun bukan berarti Anda berhak tahu soal privasinya. Apalagi sampai mencampuri urusi pribadi rekan kerja Anda. Sebaiknya jaga batasan privasi masing-masing, tak usah penasaran dengan situs yang sedang ia buka. Jika Anda menghargai privasi rekan kerja, maka rekan kerja juga akan menghargai privasi Anda.
5. Bekerjasama dengan baik Anda bekerja bukan sendirian dan pasti akan membutuhkan bantuan dari pekerja lainnya. Jadi bekerjasamalah dengan baik dengan rekan kerja Anda. Jika mampu bekerjsama dengan baik maka secara otomatis Anda akan disukai oleh tim kerja, sehingga mereka memandang Anda sebagai rekan kerja yang kooperatif. Nah, itulah lima cara yang bisa digunakan agar Anda bisa menjadi rekan kerja yang baik. Jika berhasil, Anda pasti akan disuka oleh rekan kerja Anda. Jadi, berusahalah untuk menjadi rekan kerja yang baik untuk rekan kerja Anda karena ini akan berpengaruh pada karir Anda. 🙂

sumber artikel: http://ciricara.com

Your email address will not be published. Required fields are marked *