Cara Mudah Budidaya Tanaman Paprika Yang Menguntungkan

 

Image result for budidaya tanaman paprikaImage result for budidaya tanaman paprika

Tanaman Paprika tentunya sudah menjadi tanaman yang cukup tidak asing bagi telinga orang Indonesia.

Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah karena sudah banyak sekali berbagai jenis masakan yang menjadikan Paprika sebagai bahan bumbunya. Sehingga tidak heran apabila permintaan Paprika terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hal itu tentunya bisa menjadi peluang ekonomi bagi siapa saja yang mau menggelutinya. Namun yang menjadi masalah adalah nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang cara budidya dari tanaman Paprika.
Apalagi banyak anggapan bahwa membudidaya tanaman Paprika memiliki tingkat kesulitan tinggi. Hal tersebutlah yang membuat pemula gentar ketika akan melakukan budidaya tanaman Paprika.

Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara mudah budidaya Tanaman Paprika Untuk Pemula:

Dalam budidaya paprika, tanah menjadi faktor penting, hal ini karena segala macam unsur yang dibutuhkan tanaman terkandung dalam tanah. Untuk itu jelas cara menanam paprika yang tepat yaitu mengolah tanah terlebih dahulu. Karena pengolahan lahan adalah langkah pertama cara menanam paprika agar tumbuh subur.

Proses pengolahan lahan dapat dengan cara dicangkul, dibajak, agar tanah menjadi gembur. Sebaiknya Anda melakukan pengolahan tanah dibarengi dengan pemberian pupuk dasar agar nutrisi tanah terjaga dengan baik.

Menyemai Bibit Paprika

Cara menanam paprika berikutnya setelah tanah diolah agar menjadi gembur adalah menyemai bibit paprika sebelum ditanam di lahan. Berikut poin penting cara menyemai bibit paprika :

1. Rendam bibit paprika dalam air hangat selama sehari semalam,

2. Siapkan media persemaian yaitu campuran tanah dan sekam dengan perbandingan 3 ; 1

3. Tanam bibit yang telah direndam 24 jam tersebut sedalam 1 cm kedalam media persemaian tadi.

4. Sirami secara rutin setiap pagi dan sore agar bibit paprika cepat mengeluarkan tunas

5. Setelah menginjak umur 3 minggu, bibit paprika siap untuk dipindahkan ke lahan tanam.

 Cara Menanam Paprika

Setelah disemai dan sudah muncul daun tunas 5 sampai 7 helai, Maka Anda sudah siap untuk memindah tanaman paprika ke media tanam yang sebenarnya. Jika Anda tidak punya lahan, tetapi ingin mencoba cara menanam paprika untuk konsumsi pribadi, bisa saja, Anda cukup siapkan polibag 30 x 35 cm atau pot bunga, dengan di isi pupuk kompos dicampur tanah. Untuk mempermudah Anda cara menanam paprika Baca Lebih Lengkap Cara Membuat Pupuk Kompos.

Tahapan cara menanam paprika ke lahan perlu Anda perhatikan, waktu memindahkan paprika dari lahan semai ke lahan tanam. Sebaiknya dilakukan pada pagi ataupun sore hari, tujuannya adalah agar tanaman paprika tidak stress (kontas suhu luar) ketika terkena terik matahari siang.

Perhatikan juga untuk memberikan naungan di atas tanaman tersebut, sebab tanaman paprika termasuk jenis tanaman yang tidak menyukai paparan sinar matahari langsung. Agar cara menanam paprika Anda bisa optimal, maka gunakan naungan berupa paranet.

Selanjutnya lakukan penyiraman rutin setiap hari, maka tanaman paprika akan tumbuh bunga saat berumur 3 hingga 4 minggu sejak masa tanam dilakukan.

Selain pemberian naungan, cara menanam paprika juga perlu dilakukan pemangkasan tunas vegetative yang kerap muncul di batang utama, hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan tanaman paprika ramping keatas tanpa percabangan di kanan kiri tanaman. “ Jangan lupa juga untuk memangkas bunga paprika yang terlalu banyak dan hanya sisakan satu bunga saja, ini biar buah paprika yang dihasilkan bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Perawatan Dan Panen Paprika

Setelah menjelaskan cara menanam paprika, maka Kami ingatkan untuk Anda tentang pentingnya merawat tanaman paprika tersebut. Tahap perawatan tersebut antara lain penyiraman rutin setiap hari, penyiangan rumput liar yang dapat mengganggu tanaman, hingga pemberian pupukan susulan untuk menjaga nutrisi tanaman.

“Dengan perawatan yang telaten, Anda dapat panen paprika setelah 3 bulan sejak masa tanam,”. Setelah panen pertama, biasanya buah paprika dapat terus dipanen selama masa produktif yaitu 7 sampai 9 bulan, setelah itu lakukanlah rotasi dengan mengganti bibit baru dengan cara menanam paprika yang sama seperti diatas.

Bagaimana cara mengetahui paprika siap untuk dipanen? Anda bisa mengetahui bagaimana paprika siap untuk dipanen dengan dua cara yaitu dengan diketuk dan ditekan. Bila buah paprika diketuk dan menimbulkan suara yang nyaring, maka paprika siap untuk di panen. Dengan cara ditekan, yaitu ketika Anda menekan paprika dan bentuknya tidak berubah maka paprika siap untuk dipanen.
Bagaimana cara memetik paprika yang sudah matang? Paprika yang sudah matang cara memetiknya dengan memetik buahnya bersama dengan tangkainya. Setelah dipetik simpanlah pada suhu yang cukup dingin agar kualitas dari buah paprika tetap terjaga dengan baik.semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Sumber: infoagribisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *