” Cleaning Service ” Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Image result for peluang usaha jasa kebersihanImage result for peluang usaha jasa kebersihan

Sebenarmya selain di kota – kota besar diatas usaha cleaning service rumahan dapat di lakukan di kota manapun. Kenapa saya bilang seperti itu karena jasa kebersihan atau sering disebut cleaning service merupakan jasa yang bukan hanya dibutuhkan oleh
institusi corporate juga semua orang termasuk rumah, apartemen, kosan, pabrik dll jadi pasarnya sangat luas sekali. Anda bisa buka jasa cuci sofa, cuci karpet, poles lantai, cuci lampu kristal, cuci helm, jasa bersih sepatu dan lain sebagainya apapun itu yang ada kaitannya dengan dunia cleaning.

Biasanya cleaning service yang kita tahu adalah jasa kebersihan yang ada di setiap gedung-gedung. gedung atau kantor-kantor perusahaan. Ternyata ada peluang usaha cleaning service yang mentargetkan pasarnya adalah konsumen perumahan atau personal. Dilihat dari pangsa pasar yang demikian besar sedangkan pemain cleaning service rumahan yang masih sedikit, setidaknya membuat peluang usaha ini mempunyai prospek yang menjanjikan. Di negara-negara eropa dan amerika, jasa cleaning service rumahan sudah lazim ada dan banyak pemainnya. Sedangkan di Indonesia, anda berkesempatan mengibarkan bendera cleaning service anda sendiri yang belum banyak pemain yang menggarap sektor perumahan ini.

Jasa yang ditawarkan bisa berupa paket kebersihan lengkap, dimana rumah konsumen dibersihkan secara total termasuk semua furnish. atau juga jasanya bisa per item, misalnya khusus membersihkan gudang, khusus membersihkan karpet, khusus membersihkan kristal lampu, dan seterusnya.

Tarif harga cleaning service bisa anda tentukan sendiri dengan menghitung cost per meter persegi. misalnya; rumah luas 150 meter persegi, dengan furnish yang banyak, tariff Rp. 10.000,-/meter2 x 150m = Rp. 1,5 juta. tetapi lain halnya jika rumah tersebut furnishnya sedikit, tariff bisa lebih murah semisal Rp. 7.000,-/meter2.

Berapapun harga yang anda tetapkan sebaiknya melihat harga dari kompetitor, sehingga harga yang anda tawarkan masih kompetitif dan tidak kemahalan.

Peralatan cleaning yang dipakai sama dengan peralatan perusahaan jasa kebersihan lainnya, cuma bedanya anda tidak perlu membeli mesin poles lantai yang harganya masih lumayan mahal. Cukup peralatan standar biasa seperti, lap, pel, kanebo, wiper kaca, peralatan lain yang dibutuhkan dan bahan kimia / cleaning chemicals.

Pekerja cleaning service bisa anda dapatkan dengan dua cara, rekrut tenaga berpengalaman dan atau rekrut yang masih fresh graduate. Pekerja yang sudah pengalaman bisa anda angkat sebagai supervisor lapangan. dan sistem penggajian berdasarkan pengalaman kerja dan lama bekerja.
Melihat begitu memikatnya peluang usaha ini, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan dan memulai bisnis jasa cleaning service rumah.
Langkah-langkah Penting Persiapan

1. Target Pemasaran Anda

Kalangan mana sajakah yang akan menjadi target pemasaran bisnis Anda? Apakah untuk rumah tangga, atau perkantoran. Mulai dari kalangan menengah, menengah ke atas dan sebagainya. Carilah informasi mengenai kondisi bisnis serupa di kota Anda apabila memungkinkan.

2. Jadilah Pelopor Bisnis

Jika di kota Anda belum terdapat bisnis serupa karena masih sangat jarang terlacak, itu sangat baik. Jadi, bisnis yang akan Anda tekuni akan menjadi pelopor di kota Anda. Jangan lupa, tetap nomor satukan kualitas pekerjaan Anda.

3. Modal Usaha

Modal usaha yang Anda butuhkan untuk bisnis ini paling banyak terserap untuk belanja peralatan. Apa saja peralatannya? Di antaranya sapu, pengki, sikat, kain pel, kain lap, dan ember. Untuk peralatan elektronik, Anda membutuhkan mesin vacuum cleaner atau penyedot debu. Ada juga untuk alat lain yang harganya cukup mahal seperti polisher untuk memoles permukaan keramik, marmer, teraso atau granit.
Apabila modal Anda bisa untuk membeli peralatan yang lengkap, alangkah lebih baik. Namun jika modal usaha Anda masih cukup terbatas, Anda bisa membeli beberapa peralatan yang dianggap pokok. Barulah jika usaha Anda mengalami perkembangan, segera melengkapi peralatan yang belum sempat terbeli untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan.

4. Siapkan Bahan-bahan Pembersih

Dalam memulai usaha bisnis jasa cleaning service rumah, bahan pembersih wajib dimiliki. Anda bisa memanfaatkan bahan pembersih bermerek dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp 20.000,- per liter. Bisa juga menggunakan bahan pembersih alternatif memanfaatkan pembersih curah senilai Rp. 8000,- per liter untuk mengoptimalkan perolehan keuntungan.
Anda pun bisa memberikan penawaran terhadap pelanggan mengenai bahan pembersih yang akan digunakan. Bisa jadi di antara pelanggan Anda ada yang memang sudah terbiasa menggunakan satu jenis pembersih tertentu. Dengan demikian, pelanggan Anda pasti akan lebih puas.

5. Siapkan Kendaraan Operasional

Sediakan juga alat transportasi untuk digunakan oleh pegawai Anda, bisa mobil atau motor. Apabila modal Anda masih cukup terbatas, anda bisa menggunakan kendaraan pegawai Anda untuk keperluan operasional bisnis. Tentunya Anda harus memberikan uang bensin khusus untuk keperluan opeasional perusahaan.

6. Strategi Promosi

Salah satu jenis media promosi yang cukup bagus digunakan untuk mempromosikan usaha Anda adalah melalui media massa. Media ini bisa berupa elektronik maupun media cetak. Anda bisa beriklan di iklan baris di koran maupun melalui radio. Selain itu memasang banner di tempat-tempat strategis di kota Anda bisa menjadi salah satu pilihan dalam mempromosikan usaha Anda.
Selain itu Anda bisa melakukan promosi menggunakan media internet seperti iklan facebook, twitter, instagram, maupun iklan di google adwords.
Promosi lain yang cukup tradisional namun berpengaruhyaitu menggunakan sistem door to door, dengan mendatangi langsung calon pelanggan Anda untuk sekadar membagikan pamflet atau penjelasan singkat. Walaupun cara terakhir tersebut banyak penyita waktu dan tenaga, namun cara tersebut merupakan langkah luar biasa dalam strategi promosi.
Kembangkan Peluang Usaha : Bekerjasama dengan endorser
Bagaimana beriklan gratis dan memanfaatkan orang terkenal ? kirim produk Anda pada mereka. Atau ajak mereka datang mengunjungi perusahaan Anda atau merasakan kenyamanan layanan yang Anda berikan. Anggap saja sebagai hadiah untuk mereka. Di Instagram sudah banyak perusahaan yang melakukan ini , baik perusaahaan travel, maskapai penerbangan, hotel, Jasa Kebersihan Sampah dan Limbah Rumah Tangga, distro, fashion line, hingga brand kecantikan. Kebanyakan brand fashion dan produk kecantikan yang memanfaatkan endorser di Instagram,

Sumber : sipendik/sumber lainnya

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *