Markis/Hendra Tampik Peluang ke Olimpiade

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan
Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan menolak peluang untuk tampil di Olimpiade London. Meski masih ada peluang untuk menambah poin dan menaikkan peringkat, mereka justru memilih absen di dua turnamen berikutnya, yakni Kejuaraan Asia di China dan Super Series India Terbuka.

Markis Kido/Hendra Setiawan saat ini masih berada di peringkat 12 dunia. Untuk bisa lolos ke olimpiade mereka harus menambah poin dan menaikkan peringkat ke posisi delapan besar. Peluang itu terbuka setelah mereka menjuarai turnamen GP Gold Australia Terbuka, Minggu (8/4/2012) ini.

Hasil di Australia memberi tambahan poin 7.000 dan menaikkan peringkat mereka ke posisi delapan. Namun, dengan absennya mereka di Kejuaraan Asia dan India Terbuka, hampir bisa dipastikan posisi mereka akan tergusur lagi. “Ya, kami memang tidak akan tampil di kejuaraan Asia dan India,” kata Markis Kido yang dihubungi dari Jakarta.

Markis tidak menyebut alasan mereka absen di dua turnamen itu. Namun, sebelumnya dia pernah mengatakan bahwa mereka sudah pasrah tidak tampil di olimpiade. Selain itu, Markis ingin menemani istrinya yang akan melahirkan anak pertamanya yang diperkirakan tanggal 21 April ini.

Pada partai final hari ini, Markis/Hendra mengalahkan unggulan ketiga asal Taiwan Fang Chieh Min-Lee Sheng Mu 21-16, 21-15. Pasangan juara Olimpiade Beijing 2008 itu hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk memastikan meraih gelar juara turnamen yang berhadiah absolute 120.000 dolar AS itu yang berlangsung di Sydney Convention & Exhibition Centre, Sydney.

Gelar juara ini merupakan yang pertama sejak mereka meraih medali emas di ajang Asian Games di Guangzhou China akhir tahun 2010 lalu. Di tunggal putra, gelar juara diambil pemain China Chen Jin yang mengalahkan pemain Vietnam Nguyen Tien Minh. Hasil ini membuka jalan bagi Chen Jin tampil di olimpiade.

Your email address will not be published. Required fields are marked *