Peluang Bisnis Jasa Penitipan Anak Yang Cukup Menggiurkan

Image result for peluang usaha penitipan anakImage result for peluang usaha penitipan anak

Menjadi wanita karier kadang mendatangkan dilema bagi banyak perempuan.

Di satu sisi, menjadi wanita karier akan membuat ekonomi keluarga menjadi lebih mapan dan ilmu yang didapat dibangku pendidikan terasa tidak sia-sia. Namun, di sisi lain, para wanita karier kerap gamang dengan kesibukan kerja mereka karena membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk keluarga dan mengasuh anak-anak yang masih kecil.

Meninggalkan anak yang masih balita di rumah hanya dengan seorang asisten rumah tangga menjadi hal yang cukup menggelisahkan bagi banyak wanita.

Mereka selalu dibayangi ketakutan akan hal-hal buruk yang mungkin terjadi, seperti penculikan, penganiayaan, anak ditelantarkan, atau anak diajak melakukan kegiatan yang kurang baik, seperti menonton tayangan TV untuk dewasa sepanjang hari.

Ketimbang menghadapi risiko tidak diinginkan yang mungkin terjadi, menitipkan anak di tempat penitipan anak yang terpercaya kemudian menjadi pilihan banyak wanita yang sibuk bekerja.

Usaha tempat penitipan anak ini cukup menggiurkan untuk dijalankan, karena banyak sekali keuntungannya. Diantaranya adalah pengelolahan usaha ini sangat mudah, yang kita perlukan hanya tempat, manajamen yang bagus dan beberapa baby sitter yang jujur dan bisa dipercaya.

 

Bagaimana memulai usaha tempat penitipan anak ini?

  • Beberapa layanan jasa yang dapat Anda tambahkan, diantaranya:

    Layanan antar jemput ASI bagi ibu menyusui,
    Fasilitas webcam yang memungkinkan orang tua memantau si kecil,
    Laporan perkembangan anak setiap bulannya,
    Perbadingan jumlah anak dan jumlah pengasuh kalau bias sesedikit mungkin,
    Ruangan yang aman dan nyaman dengan desain interior yang cocok dan disukai anak-anak.

  • Tips menjalankan bisnis

    Untuk bisa berkembang dengan baik, anda harus memanfaatkan semaksimal mungkin relasi yang anda miliki baik itu teman – teman, sesama karyawan, keluarga, kenalan, maupun tetangga. Mintalah mereka untuk menginformasikan usaha anda dari mulut kemulut. Tentunya bisnis anda akan bisa berkembang dengan lebih cepat jika anda mau mendatangi kantor – kantor dan menawarkan kerjasama dengan mereka. Berikan diskon untuk menambah daya saing bisnis anda.

  • Tantangan dalam usaha

    Setiap bisnis pastilah memiliki tantangan atau hambatan. Begitu pula dengan bisnis ini. Tantangan bisnis ini adalah sulitnya mencari pengguna jasa kita saat di awal. Relasi yang luas diperlukan dalam hal ini. Selain itu, anda mungkin akan kesulitan untuk mendapat kepercayaan calon pengguna jasa. Seperti yang saya singgung di awal bahwa binis ini memerlukan kepercayaan yang tinggi dari pemakai jasa karena menyangkut anak mereka.

  • Tidak terlalu banyak yang harus kita siapkan. Hanya saja persiapan tersebut harus dilakukan dengan baik karena bisnis ini sagat tergantung dengan kepercayaan pelanggan. Modal utama dalam memulai usaha ini adalah tempat dan baby sitter. Tidak perlu terlalu luas, cukup 9×5 sudah cukup. Akan tetapi lebuh luas juga lebih baik. Sedangkan untuk baby sitter, anda bisa memulainya dengan mempekerjakan 2 baby sitter yang jujur dan bisa dipercaya. Anda bisa mendapatkan mereka dari agen-agen penyalur baby sitter. Lebih banyak juga lebih baik.
  • Target konsumen

    Untuk target konsumen kita adalah para orang tua yang memiliki kesibukan yang padat sehingga kesulitan membagi waktu antara bekerja dan menjaga anak pada jam-jam tertentu. Bisa juga orang tua yang dengan alasan tertentu tidak bisa menjaga anaknya karena ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan.
    Cara memulai bisnis penitipan anak

  • Jangan bosan untuk belajar cara dan teknik merawat anak, supaya ilmu Anda update. Ada banyak web dan blog yang bisa memberi Anda informasi lengkap seputar dunia anak.
  • Batasi kapasitas daya tampung anak. Ingat, ruangan Anda terbatas dan pekerja ditempat Anda bukanlah seorang yang profesional. Jadi, batasi jumlah anak demi keamanan dan kualitas pelayanan Anda agar nama baik usaha rumahan modal kecil Anda tetap baik di mata konsumen.
    Setelah usaha rumahan modal kecil Anda ini berkembang dan tersistem dengan baik, segera upgrade usaha penitipan anak Anda. Sewa baby sister yang profesional dan berpengalaman serta segera buka cabang.
  • Menyebar Promosi

    Anda bisa melalukan promosi usaha dengan cara sederhana seperti misalnya menyebarkan brosur di lingkungan sekitar, sekolah,  kantor-kantor terdekat, PKK, Arisan dll.

    Hal terbaik dalam metode promosi ini adalah word of mouth, karena itu kualitas dari pelayanan usaha jasa penitipan anak yang sedang Anda bangun haruslah menjadi prioritas utama. Dengan demikian Anda akan mendapatkan pelanggan loyal.

Analisis
Mainan dan tempat tidur : Rp. 5.000.000;-
Biaya operasional
Baby sitter 2 orang : Rp. 1.200.000;-
Listrik : Rp. 75.000;-
Telepon : Rp. 100.000;-

Omzet atau pendapatan
Jika 3 anak per hari @Rp. 50.000;- maka per bulan : Rp. 4.500.000;-
Keuntungan bulanan : Rp. 3.125.000;-
Balik modal : 1,6 bulan

Sumber : profbisnis/dokterbisnis dan sumber lainnya

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *