Peluang Bisnis Rental Penyewaan Alat Camping/Outdor Yang Sangat Menguntungkan

Image result for bisnis penyewaan alat alat campingImage result for bisnis penyewaan alat alat camping

Ide bisnis terbaru yang menguntungkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Setiap orang pasti ingin berhenti sebagai seorang bawahan dan ingin segera memulai agar bisa menjadi seorang bos yang dapat memperkerjakan orang lain, tidak lagi di perbudak oleh orang lain.

Ada beberapa bisnis yang dapat dilakukan oleh anak-anak muda, khususnya pada zaman sekarang dengan ditunjang fasilitas yang sangat mempermudah dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan karena selalu ada peluang bagi mereka yang bertekad kuat dalam membangun bisnis

Bisnis dengan ide unik dan harga terjangkau(masuk akal) adalah salah satu dari sekian banyak konsep bisnis yang dapat dilakukan anak muda, jangan pernah menggagap sepele segmen ini, karena di Indonesia hampir 50% dari penduduknya adalah pemuda, sehingga jika sukses berbisnis di segmen ini maka omzet yg didapatkan pun tidak main-main.

Banyak yang beranggapan jika peluang bisnis tercipta karena hobi dan nampaknya hal itu benar adanya. Banyak pebisnis yang suskes setelah mengembangkan hobi yang dimilikinya. Jika bisnis tersebut sesuai dengan hobi kita akan lebih cepat berkembang. Hal ini karena dijalankan dengan sepenuh hati, tanpa beban, dan penuh semangat. Salah satu hobi yang dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis adalah lintas alam atau mendaki gunung.

Seseorang yang memiliki hobi mendaki gunung biasanya akan membutuhkan perlengkapan camping. Hampir setiap tahun orang yang mendaki gunung semakin meningkat. Ini menjadi peluang Anda untuk membuka bisnis rental alat camping. Bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja terutama yang memiliki wawasan luas tentang aktivitas alam.
Berikut barang-barang dalam bisnis rental alat camping

Ada banyak perlengkapan mendaki yang bisa Anda sewakan untuk menjalankan bisnis Anda. Setiap perlengkapan tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda dapat menentukan harga sewa perhari atau sistem paket.

Tenda Dome

Ini merupakan salah satu perlengkapan naik gunung yang wajib Anda bawa. Tenda Dome merupakan jenis tenda yang ringkas dan mudah saat dirangkai. Ini sebagai pengganti tenda biasa yang cukup rumit dirangkai. Umumnya Tenda Dome terdiri dari beberapa tipe jika dilihat dari kapasitasnya, antaralain berkapasitas 2 orang, 3 orang, 4 orang, hingga 6 orang. Anda dapat menyewakan tenda dengan kapasitas 4 orang dengan harga Rp 25 ribu perhari. Jika harga sebuah Tenda Dome Rp 300-Rp 800 maka dengan beberapa kali persewaan modal Anda sudah kembali.

Sleeping Bag

Sleeping Bag merupakan perlengkapan kedua yang banyak disewa para pendaki gunung. ini merupakan sebuah kantong tebal sebagai tempat untuk tidur jika berada di puncak gunung yang memiliki suhu sangat dingin. Sehingga perlengkapan ini sangat dibutuhkan saat akan mendaki. Anda dapat menetapkan harga rental alat camping ini berkisar Rp 20 ribu-Rp 30 ribu perhari.

Matras

Setiap mendirikan tenda untuk camping, dipastikan terdapat mastras sebagai alasnya. Perlengkapan mendaki ini cukup simpel untuk dibawa karena dapat digulung dan ringan. Biasanya harga sewa perlengkapan ini cukup murah yaitu sekitar Rp 5 ribu. Sedangkan harga belinya antara Rp 45 ribu – Rp 70 ribu.

Kompor mini

Sesuai namanya, kompor mini memiliki ukuran yang kecil dan simpel saat dibawa karena dapat dilipat. Kompor ini menggunakan bahan bakar gas butana dalam bentuk kalengan. Harga sewa kompor ini berkisar Rp 10 ribu – Rp 20 ribu perhari.

Tas Carrier

Tas Carrier adalah tempat untuk membawa perlengkapan mendaki. Dalam berbisnis rental alat camping, tas Carrier menjadi perlengkapan yang harus Anda persiapkan. Ini karena funginya sangat penting bagi para pendaki. Harga sewa perlengkapan ini berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.
Pertanyaannya, mengapa harus dengan cara menyewa?

Harga dari perlengkapan camping saat ini cukup tinggi, apalagi hampir semuanya dibutuhkan. Jadi butuh anggaran yang besar untuk membeli semua perlengkapan tersebut dan solusi paling efektif adalah dengan cara menyewa. Disamping harganya yang lumayan tinggi, banyak juga yang enggan membeli perlengkapan camping sebab intensitas aktivitas ini relatif jarang dan bukan rutinitas yang wajib dilakukan.

Nah, momentum harga alat camping yang tergolong mahal ini tentu saja memperluas peluang usaha penyewaan alat camping. Apalagi kini jumlah komunitas pecinta alam semakin bertambah selain juga masyarakat umum yang mulai tertarik dengan aktivitas outdoor. Intinya peluang ini dipastikan akan berkembang pesat jika dikelola dengan benar sebab jumlah peminat aktivitas pendakian dan camping semakin besar. Ingin membuka jasa sewa alat camping? Berikut ini syarat-syaratnya:

Memiliki Pengalaman

Menjalankan bisnis penyewaan alat camping idealnya dilakukan lebih dari satu orang. Dengan kata lain lebih baik membentuk satu tim yang memiliki hobi dan pengalaman yang sama. Pengalaman sangat berharga terutama untuk mengenali perlengkapan apa saja yang paling penting dan paling berkualitas. Pengalaman mendaki gunung atau camping tentu menambah pengetahuan bagaimana sistem pengamanan yang baik selama pendakian dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk sistem pengamanan tersebut.

Ketersediaan Alat dan Promosi

Adapun peralatan baku yang terlebih dulu harus disediakan penyewaan alat camping yaitu tenda dome, matras, tali-temali, sleeping bag, dan jas hujan. Tentunya masing-masing harus lebih dari satu unit. Jika modal sangat terbatas kita bisa mencicil satu persatu. Setelah semua peralatan komplit kita bisa mempromosikan bisnis penyewaan yang kita kelola. Sebagai langkah awal kita bisa lakukan promosi dari mulut ke mulut dengan target beberapa komunitas pecinta alam di kampus-kampus. Langkah kedua tentu saja kita harus memanfaatkan media online untuk berpromosi dan memperluas jaringan. Misalnya dengan membuat website yang berisi content keunggulan persewaan sekaligus jenis peralatan apa saja yang bisa disewa, termasuk didalamnya harga sewa masing-masing alat.

Lokasi

Karena bisnis sewa alat camping ini target pemasarannya adalah kalangan mahasiswa, kita harus memilih lokasi penyewaan dekat kampus. Minimal lokasi bisa dijangkau dari kampus tidak lebih dari 10 menit. Harus kita ingat, lokasi sangat menentukan jumlah konsumen yang datang. Intinya jika lokasinya cukup strategis maka kemungkinan besar akan kebanjiran order dari sejumlah komunitas pecinta alam. Dalam bisnis penyewaan alat camping ini sebaiknya kita tidak menerapkan persyaratan yang terlalu prosedural. Lebih baik menerapkan sistem kepercayaan dalam bisnis ini, dimana konsumen hanya kita minta mengisi formulir dan sebagai jaminan bisa menitipkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Biaya Sewa

Perhitungan biaya penyewaan alat camping harus benar-benar harus diperhatikan, jangan terlalu mahal atau malah terlalu murah. Sebelum menentukan harga sebaiknya kita cari informasi mengenai tarif dari rental alat camping di tempat lain lalu tawarkan harga yang kompetitif. Umumnya peralatan camping yang paling sering dicari konsumen adalah tenda dome dan sleeping bag. Oleh sebab itu kedua peralatan camping ini harus tersedia beberapa unit untuk mengantisipasi kemungkinan penyewa yang ingin berkemah secara berombongan. Sebagai pebisnis yang bergerak dibidang rental alat camping, ada baiknya kita membentuk komunitas dengan beberapa jasa rental lain. Setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali bisa menjalin keakraban antar sesama anggota komunitas, misalnya dengan melakukan kegiatan camping bersama.

soo.. kawan-kawan muda, masih banyak ide-ide bisnis yang dapat kita kembangkan, yang akan selalu kita pegang adalah konsep yang terbaik dan berbeda dengan lawan bisnis, maka pasar pun dengan sendirinya akan menerima produk atau jasa yang ditawarkan. Selamat berbisnis kawan-kawan muda.semoga bermanfaat yaaa..

Sumber : nyewain//dbagus

Your email address will not be published. Required fields are marked *