Peluang Bisnis Untuk Masa Depan ” Pengolahan Sampah Plastik “

 

Image result for peluang usaha desainer sampahRelated image

Usaha pengolahan sampah plastik merupakan salah satu usaha yang menguntungkan yang dapat dipilih sebagai usaha yang menjanjikan keuntungan kepada pelakunya. Banyak sekali sampah yang berserakan dan tidak berguna di lingkungan sekitar, sehingga kehadiran usaha pengolahan sampah plastik ini kini semakin berpotensi. Pangsa pasar olahan pengolahan sampah plastik menjadikan peluang usaha untuk pengolahan sampah plastik kini semakin lebih menjanjikan. Usaha pengolahan sampah plastik menjadi salah satu industri rumahan yang patut untuk diperhitungkan. Usaha pengolahan sampah plastik dapat dijalankan secara langkah yang mudah juga untung yang didapatkan terbilang sangat fantastis. Meski usaha pengolahan sampah plastik ini mulai banyak bermunculan di masyarakat namun peminat usaha pengolahan sampah plastik ini tak surut bahkan terus bertambah. Tingginya penggemar pengolahan sampah plastik , membuat usaha pengolahan sampah plastik ini berkembang pesat hingga saat ini.

Usaha ini juga terbilang sederhana karena pada dasarnya pelaku usaha hanya mengkoordinir pengepulan sampah plastik aneka rupa, mulai dari plastik bekas gelas air mineral, botol air mineral, botol bekas sabun dan sampo, tutup botol dan sebagainya. Kemudian aneka rupa sampah plastik ini dipisahkan berdasar jenisnya dan warnanya. Kemudian masing-masing kelompok plastik ini di giling menjadi butiran plastik dan dikemas berdasar warna dan jenisnya.

Tiap jenis plastik akan di hargai tergantung jenis plastiknya. Rata-rata dijual dengan harga yang relatif menjanjikan, sekitar Rp 15 ribu sampai 35 ribuan perkilo . Biasanya sekali ekspor diperlukan bobot biji plastik daur ulang hingga 10 ton.

 

Ternyata, daur ulang plastik memang telah menjelma menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan dan dilirik oleh banyak orang belakangan ini. Hal ini saya ketahui setelah “bertemu” dengan mbah Google dan mencari informasi tentang peluang usaha daur ulang plastik.

Meskipun berupa sampah dan berbentuk “barang kotor” namun, plastik dapat diolah dan biji plastiknya dapat dijual ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Berdasar informasi dari majalah , didapat data bahwa bisnis daur ulang plastik ini dapat diekspor dan Indonesia masih kewalahan memenuhi kuota ekspor ke negara lain, terutama Hongkong dan Cina. Nah lho, kalau sebelumnya kita pernah ngintip peluang bisnis impor barang dari Cina, maka sekarang justru ada peluang bisnis ekspor dari jenis usaha daur ulang plastik ini.

Sebagai data penunjang dikatakan bahwa Hongkong dalam satu pekan memerlukan ekspor biji plastik sebanyak 12 Kontainer, sedangkan Indonesia hanya bisa menyediakan sebanyak 300 ton. Itu belum termasuk permintaan dari negara-negara lain. Data ini menunjukkan bahwa peluang usaha daur ulang plastik memiliki potensi yang cukup besar.

Cara Memulai Bisnis Daur Ulang Plastik

Ini mungkin bagian “tersusah”nya dari sebuah ide peluang usaha, yaitu bagaimana memulai bisnis daur ulang plastik.

Cara pertama tentu kita musti cari tahu dulu dimana bisa mendapatkan bahan baku plastik yang dapat diolah. Selanjutnya kita musti belajar tentang cara pengolahan bahan baku tersebut hingga menjadi biji plastik yang dapat dijual ke perusahaan atau pabrik-pabrik yang membutuhkan.

Penggilingan sampah plastik merupakan bagian penting dalam sistem daur ulang plastik, dimana proses ini akan menentukan supaya sampah plastik dapat bermanfaat kembali. Dimulai dari pengumpulan bahan baku plastik berupa botol, gelas atau lembaran plastik dari pemulung, kemudian sampah plastik digiling menjadi cacahan plastik. Hasilnya dapat dijual ke pabrik plastik. Di pabrik, cacahan tersebut diolah menjadi plastik baru.

Biasanya, ada dua proses dalam pengolahan sampah plastik, yaitu penggilingan kering dan basah. Jika penggilingan kering, pencucian dilakukan setelah proses giling. Adapun penggilingan basah caranya mencampur plastik dengan air dingin atau panas. Karena tingkat kebersihan dan kejernihan berbeda dan menurut beberapa sumber, lebih baik menggunakan air digin agar menghasilkan olahan yang lebih bersih.
Usaha pengolahan sampah plastik juga dikenal sebagai sebuah usaha yang memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Bahkan pasar ekspor produk biji plastik telah mencapai berbagai negara di dunia. Permintaan bahan baku plastik yang tinggi membuat negara Indonesia seringkali kewalahan saat memenuhi permintaan. Sehingga potensi usaha pengolahan sampah plastik sangat menjanjikan dan menguntungkan. Penghasilan lewat usaha pengolahan sampah plastik juga mengalir dengan deras sebab biasanya pengusaha yang membeli biji plastik membayar langsung pesanan dengan tunai . Keuntungan yang didapatkan lewat usaha pengolahan sampah plastik begitu cepat, dengan alas an tersebut apakah Anda tertarik untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik!

 

Prospek usaha pengolahan sampah plastik

Prospek saat menjalankan usaha pengolahan sampah plastik dapat dikatakan sangat bagus juga nampak cemerlang. Usaha yang menjual olahan biji plastik memiliki pasar penjualan yang sangat luas, bahkan permintaannya sangat tinggi dipasaran. . Pilihan usaha pengolahan sampah plastik tentu dapat diambil sebagai salah satu bisnis berprospek yang bagus.

Memulai usaha pengolahan sampah plastik

Jika Anda telah memutuskan untuk memulai usaha pengolahan sampah plastik memang tidak begitu sulit. Mpdal yang diperlukan dalam menjalanakan usaha pengolahan sampah plastik adalah mesin giling plasyik yang paling utama. Dengan menggunakan mesin tersebut maka Anda akan dapat mengolah sampah plastik utuk dijadikan menjadi biji plastik. Sehingga baji plastik ini yang nantinya akan dijual untuk menghasilkan nilai yang ekonomis.

Pelaku usaha pengolahan sampah plastik ?

Peluang lewat usaha pengolahan sampah plastik ini bisa untuk dijalankan bagi semua orang yang ingin memiliki bisnis industri sukses juga cemerlang. Proses pengolahan pengolahan sampah plastik yang cukup mudah dan juga cara pemasarannya yang tidak sulit menjadikan usaha pengolahan sampah plastik ini bisa dilakukan oleh siapapun. Usaha pengolahan sampah plastik bisa juga dijalankan bagi Anda semua yang ingin memiliki income yang menguntungkan dengan usaha tersebut.

Konsumen usaha pengolahan sampah plastik

Untuk mencari konsumen pengolahan sampah plastik memang tidaklah sulit. Biji plastik ini nantinya akan disetorkan atau dijual ke berbagai pabrik pengolahan plastik yang sudah banyak berdiri di Indonesia. Selain itupermintaan dari pabrik asing juag cukup deras sehingga konsumennya pun tak terbendung untuk olahan biji plastik.

Lokasi pengolahan sampah plastik

Jika Anda memiliki lahan luas, Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik. Dalam menjalankan usaha sampah plastik lahan luas diperlukan untuk menempatkan sampah plastik yang hendak akan diolah. Selain itu membutuhkan pula bangunan atau gudang untuk menyimpan hasil biji plastik. Jika lahan dan gudang Anda tidak memilikinya, Anda dapat menyewa tempat dahulu.

Keuntungan dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik

Keuntungan jika Anda memilih terjun di peluang usaha pengolahan dari sampah plastik ini yakni merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Selain itu Anda dapat mendapatkan barang bekas atau sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai jual yang tinggi. Banyak sekali keuntungan menjalankan usaha pengolahan sampah plastik yakni dapat menghasilkan keuntungan yang sangat fantastis.

Kekurangan usaha pengolahan sampah plastik

Dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan. Diantaranya usaha pengolahan sampah plastik seringkali mengganggu masyarakat lantaran bau limbah tidak enak dan menggaanggu masyarakat. Selain itu modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha pengolahan sampah plastik terbilang cukup fantatstis.

Dalam menjalankan usaha pengolahan sampah plastik memang dibutuhkan pula beberapa tips agar bisnis dapat berjalan lebih lancar. Bagi Anda yang baru ingin memulai usaha pengolahan sampah plastik silahkan perharikan tips berikut untuk memudahkan mengelola dan menjalankan usaha pengolahan sampah plastik.

Tips dalam menjalankan usaha daur ulang sampah plastik diantaranya:

>Mempunyai lahan yang cukup luas untuk dijadikan lokasi dalam penyimpanan plastik-plastik bekas dan juga hasil biji plastik tentunya. >Penggunaan lahan ini sangat penting untuk digunakan agar dapat menjalnkan proses penyotiran untuk berbagai bahan plastik dengan cara pengolahan yang berbeda.
>Memiliki modal yang cukup dalam membeli bahan baku plastik bekas dari pemulung . Anda juga dituntut untuk mengetahui cara pengolahan modal agar uang lancar dan tiadak menajdi macet.
>Memiliki beberapa karyawan untuk membersihkan, menyotir dan menggiling plastik bekas.
>Memiliki timbangan serta mesin penggiling plastik untuk memudahkan proses produksi bji plastik.
>Bekerja sama dengan pihak pengepul sampah plastik.
Selain itu, dengan memulai bisnis daur ulang limbah plastik ini, kita juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dengan memberdayakan orang-orang di sekitar yang mungkin memiliki waktu luang untuk menjalankan usaha ini sebagai pemasok bahan baku plastik untuk kita daur ulang kembali.semoga bermanfaat yaa,

Sumber : tokomesin/sumber lainnya

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *