Peluang BisnisDan Tips Sablon Kaos Yang Menguntungkan

Image result for peluang usaha sablon manualImage result for peluang usaha sablon manual

Usaha Sablon Kaos Merupakan Peluang Bisnis sampingan Yang Modalnya Ringan Namun Untungnya Bisa Menjanjikan Besar Sekali. Bisnis Sablon manual Maupun Digital Untuk Kaos dan Baju ini sangat Cocok Untuk Siapa Saja Yang ingin Memulai Usaha Dirumah maupun Dikos. Misalnya anda Seorang mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Sipil Maupun Lainya, Anda Tetap Bisa Saja Menjalankan Bisnis Percetakan Gambar di Baju Atau Yang Dikenal Sebagai Sablon kaos ini. Secara Konsep Bisnis Kaos Oblong maupun Kaos Distro ini sangat Mudah Untuk Dijalankan dan anda Tidak Perlu Menguasai Semua Segi Kehidupan Dunai sablon. Anda Cukup Mengetahui Hal Hal Simpel Saja.

Selain gampang dilakukan, bisnis sablon modalnya relatif kecil, pengelolaan tidak rumit, dan risikonya pun sangat rendah. Keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha sablon cukup lumayan, sekitar 10% sampai 50% dari biaya keseluruhan. Pada waktu-waktu tertentu, seperti pemilu dan pilkada, omzet dapat bertambah beberapa kali lipatnya. Konsumen usaha sablon, di antaranya perusahaan, individu, atau kepanitiaan sebuah acara.

Jika anda tertarik untuk membuka usaha sablon kaos tentu anda harus mempersiapkan pendanaan untuk membeli peralatan yang diperlukan. Namun sebelumnya kita harus memastikan jenis sablon seperti apa yang akan kita usahakan. Setidaknya ada 3 jenis sablon yang umum kita temukan dalam dunia usaha sablon kaos yakni sablon digital, sablon manual dan sablon DTG.

Berikut ini penjelasan tentang ketiga jenis usaha kaos sablon beserta perkiraan biaya yang diperlukan untuk mengadakannya.
Modal Usaha Sablon Digital

Sablon Digital merupakan sablon yang cara pencetakannya dilakukan secara digital, alat lain yang dibutuhkan ialah komputer, printer yang diisi dengan tinta sublim, mesin hotpress, dan kertas transfer. Kelbihan sablon menggunakan sablon digital ialah hasil cetakan sangat baik jika mencetak foto, biaya yang murah untuk sistem produksi, dan proses cetak yang cepat. Kekurangan sablon digital ini ialah jika mencetak di bahan dasark katun, hasilnya amat jelek. Namun sablon digital ini bagus jika digunakan untuk mencetak di kai berbahan dasar polyester (TC, PE, dan Hyget), modal yang diperlukan untuk membeli sablon digital ini sekitar 7.000.000.-. biasanya sablon digital ini digunakan untuk membuat kaos partai.
Modal Usaha Sablon Manual

Sablon Manualmerupakan jenis sablon yang cara pengaplikasiannya dilakukan secara manula, yakni menggunakan media tangan manusia. Kelebihan untuk penggunaan sablon manual ini ialah modal awal yang lumayan lebih murah jika dibandingkan dengan jenis sablon lainnya, hanya dengan modal 200.000 – 1.000.000 upiah anda sudah mendapatkan alat sablon ini. Kekurangannya yakni sangat jarang ditemui alat sablon satuan untuk sablon manual ini, karena proses pencetakan yang dilakukan sablon manual ini memerluka waktu yang lama. Biasanya sablon manual digunakan untuk berbagai kaos distro, perusahaan, karyawan, grosir, dan lainnya.
Modal Usaha Sablon DTG

Sablon DTG (Direct To Grament) merupakan jenis sablon yang hampir mirip dengan sablon digital, namun sablon DTG ini memerlukan printer yang lebih khusus untuk mencetak produk atau kaos, namun tidak memerlukan kertas transfer. Jenis tinta yang digunakanpun merupakan tinta textil. Kelebihan jenis sablon seperti ini ialah hasil cetakan sangat tajam untuk kaos yang memiliki warna yang banyak dan jenis kaos bergambar layaknya foto, selain itu sablon TG ini juga dapat menyablon kaos dengan cepat. Kekurangan untuk jenis sablon ini iala modal yang cukup besar, karena harga sablon DTG ini sekitar 5.000.000 hingga mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, tinta yang digunakan untuk jenis sablon ini amat bervariasi.

Untuk harga bahan, jika anda menggunakan bahan yang murah seperti bahan kaos yang terbuat dari kan plyester, tentu modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan ini lumayan murah. Namun jika anda membuat produk dari bahan yang lebih mahal sepert kaos dari bahan katun atau lainnya, tentu modal awal untuk pembelian bahan ini terbilang cukup mahal. Jika anda membuka usaha dengan sistem pre-order, tentu anda tidak perlu mengeluarkan modal dengan kekhawatiran akan ‘rugi’ karena produk yang dibuat tidak laku. Keuntungan sistem pre-order ini ialah, anda hanya akan memproduksi produk yang telah dipesan dan tentu akan dibayar. Jika anda tergolong pemula dalam usaha ini, sebaiknya anda terlebih dahulu menggunakan sistem penjualan pre-order ini. Artinya anda terlebih dahulu menjual desain kaos yang dibuat, setelah ada yang memesan barulah anda memproduksi desaintersebut dalam bentuk kaos.

Besar modal usaha sablon kaos ini sebenarnya ditentukan dari jenis alat sablon mana yang akan anda gunakan. Karena semakin mahal alat yang anda gunakan, semakin mahal pula modal awal yang harus anda persiapkan.berikut tips tips yang harusn dilakukan :

Menyediakan tempat usaha sablon kaos

Tempat usaha merupakan sebuah jalan dimana anda akan memulai sebuah usaha, selain itu tempat usaha juga sebagai tanda kalau usaha yang anda jalankan memang nyata dan ada. Tempat usaha sablon kaos bisa merupakan ruangan kosong yang ada di ruma atau kontakan anda, atau bisa juga tempat khusus yang anda sewa untuk usaha. Fleksibel

Menyediakan alat serta bahan sablon kaos

Untuk dapat memulai usaha sablon kaos, tentunya anda memerlukan alat serta bahan pendukung usaha sablon kaos anda tersebut. Sebelum membeli alat sablon kaos, sebaiknya anda menentukan target usaha sablon kaos anda. misal jika target usaha sablon kaos anda ialah partai, atau sejenis lembaga yang membuat model kaos menggunakan bahan sejenis polyester, ala sablon yang cocok ialah sablon digital. Namun jika targe konsumen anda ialahg sejenis kaos distro, kaos satuan, atau kaos yang terbuat dari bahan katun, tentu alat sablon yang digunakan seperti sablon manual atau sejenis sablon DTG.

Memiliki desain banner untuk sablon kaos

Banner saat ini biasanya dijadikan sebagai alat promosi pemasaran, karena biasanya banner yang menarik akan banyak memikat hati konsumen. Meski begitu, sebenarnya banner memiliki fungsi tersendiri, yakni sebagai lambang identitas usaha sablon kaos anda. banner ini sebenarnya tidak wajib, penulis hanya memfungsikan banner ini sebagai alat pelengka usaha.

Memiliki keberanian untuk membuka usaha sablon kaos

Jika anda telah memiliki dana dan tempat usaha, anda harus memiliki keberanian untuk memulai membuka usaha sablon kaos ini. jika anda tidak memiliki keberanian untuk membuka usaha sablon kaos ini, dana dan tempat usaha jadi hal yang sia-sia.

Memiliki keberanian untuk menjamin kualitas sablonan kaos

Jika anda ingin membuka usaha sablon kaos, anda juga harus memiliki keberanian untuk menjamin kualitas kaos hasil sablonan anda. hal ini diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Memiliki keberanian untuk memasarkan produk hasil usaha sablonan kaos anda

ketika anda membuka usaha sablon kaos, tentu untuk menarik perhatian konsumen ialah dengan memasarkan kualitas kaos hasil sablonan tempat anda. hal ini akan meningkatkan jumlah pelanggan sablon kaos empat anda usaha.

Memiliki sifat yang gigih dan pantang menyerah

Sifat 2 ini perlu anda terapkan jika ingin memiliki usaha yang sukses dan terus berlanjut, meskipun usaha awal anda kelihatan akan gagal, bukan berarti usaha anda selanjutnya akan agal. Banyak diantar para pengusaha sukses yang sebenarnya memiliki pengalaman yang lebih pahit dalam usaha, namun mereka pantang menyerah dan terus berusaha hingga akhirnya sukses.

Setelah semua usaha dilakukan, positif thinking dan berdo’a. haha setelah anda melakukan usaha dengan kerja keras dengan totalitas, tentu usaha terakhir yang dapat anda lakukan adalah selalu berpositif thinking terhadap jalan usaha yang anda lakukan dan berdo’a agar usaha sablon kaos yang anda lakukan berhasil dan sukses.

Sumber : usahabersama

Your email address will not be published. Required fields are marked *