Peluang Usaha Budidaya Kecipir Yang Menguntungkan

Image result for budidaya kecipir

Kecipir adalah sejenis sayuran yang dimanfaatkan buahnya untuk dimakan. Sayuran ini termasuk jenis sayur yang pohonnya berbentuk perdu. Selain mengandung serat yang cukup, kecipir juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Pada dasarnya kecipir dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kecipir berbunga biru dan berbunga putih. Kecipir berbunga biru adalah jenis kecipir yang mempunyai biji besar dan memiliki panjang buah antara 15 – 20 cm. Kecipir berbunga putih adalah jenis kecipir yang mempunyai biji kecil dan panjang buah antara 30 – 40 cm. Cara menanam kecipir sangat mudah, lahan yang diperlukan juga tidak menuntut tingkat kesuburan yang tinggi. Jika Anda tertarik melakukan budidaya, berikut adalah panduannya:

Memilih benih kecipir terbaik

Setelah mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman kecipir, selanjutnya pilihlah benih. Kecipir merupakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji. Benih kecipir dapat dibeli maupun dibuat sendiri. Apabila ingin membeli benih kecipir, maka bisa dibeli di toko pertanian. Pilihlah benih yang bersertifikat.

Sedangkan apabila ingin membuat benih kecipir, maka bisa dilakukan dengan cara mengambil biji dari kecipir yang sudah tua. Biji yang digunakan harus seragam, sehat, tidak keriput, berproduksi tinggi dan berisi. Setelah diambil bijinya, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dijemur barulah benih bisa ditanam.

Sebelum benih ditanam, sebaiknya benih diseleksi terlebih dahulu. Cara menyeleksinya adalah dengan merendam benih ke dalam air. Benih yang baik adalah benih yang tidak mengambang.

Mengolah tanah dan menanam kecipir

Sebelum menanam benih kecipir, sebaiknya olah lah tanah terlebih dahulu. Cara mengolah lahan adalah sebagai berikut.

Gemburkan tanah terlebih dahulu dengan cara mencangkul lahan.
Setelah gembur, buatlah bedengan terlebih dahulu.
Panjang bedengan disesuaikan dengan lahan yang ada, tinggi bedengan 15 cm, dan lebar bedengan adalah 15 cm.
Buatlah parit diantara bedengan satu dengan bedengan lainnya.
Tebarkan pupuk kandang diatas bedengan. Pupuk kandang ini digunakan sebagai pupuk dasar.
Campurkan pupuk kandang dengan tanah bedengan.

Penanaman kecipir

Biji kecipir direndam dahulu 4-5 jam ,m kemudian diangkat dan dibungkus kain handuk rapat selama 12 jam agar cepat berkecambah. Untuk menanam kecipir dilahan sawah , lakukan pengairan secara merata pada bedengan , kemudian buat lubang pada mulsa dengan jarak 50 cm , selanjutnya masukkan 2 biji kecipir ke lubang  sedalam 3 cm kemudian tutup dengan tanah tipis.

Perawatan tanaman kecipir

Penyulaman dan penjarangan dilakukakan ketika ada tanaman yang rapat dan longgar karena mati atau kurang sehat. Pekerjaan ini dilakukan ketika tanaamn umur 7 – 14 hst.
Penyiraman  / pengairan dilakukan 1 minggu sekali  bila tidak hujan dan setelah pemberian pupuk, pengairan dengan cara mengenangi  parit sampai penuh , dan dilakukan pembuangan secepatnya agar air tidak menggenang.

 Pemupukan perlu ditambahkan bokashi atau kompos

Cara pemupukan : dibuatkan tugal , jarak dengan batang  5 cm dan ditutup kembali setelah pupuk di masukkan, selanjutnya dilakukan pengairan.

Pemasangan tajuk dilakukan ketika  tanaman umur  15 hst , kemudian pasang tali ( gawar )untuk menghubungkan antar  tajuk sebagai media rambat tanaman kecipir.

Hama dan penyakit tanaman kecipir

Hama yang menyerang antara lain : ulat daun , kutu putih , cabuk , uret, lalat daun. Cara pengendaliannya : semprot dengan insektisida berbahan aktif Imidakloprit, abamectin, klorfenapir,

Penyakit yang menyerang antara lain : karat daun , bercak daun , busuk akar , layu bakteri , layu fusarium.cara penanggulanganya gunakan fungisida berbahan aktif : bactocyn, mancozeb, iprodiun.klorotalonil.

Bagaimana cara menanggulangi hana dan penyakit? Cara menanggulanginya adalah dengan menyemprotkan cairan fungisida atau cairan insektisida sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.demikian panduan lengkap Cara menanam kecipir kusus pemula baik dalam pot dan polybag serta menanam cipir di lahan terbuka.semoga berguna dan bermanfaat.

 Pemanenan.

Tanaman kecipir mulai dapat dipanen umur 50 hst , ciri fisik buah yang siap dipetik antara lain : warna buah hijau tua , ukuran buah sudah maksimal. Cara panen dengan di petik tangkainya lalu dikumpulkan di wadah utuk memudahkan pengangkutannya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Kecipir “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Sumber : Berbagai Sumber

Your email address will not be published. Required fields are marked *