Peluang Usaha Event Organizer Yang Sangat Menguntungkan

Image result for peluang usaha event organizerImage result for peluang usaha event organizer

Bisnis event organizer memiliki peluang prospek yang sangat menjanjikan. Meskipun persaingan juga semakin ketat, namun kebutuhan akan jasa penyelenggara kegiatan/acara juga semakin meningkat. Meski demikian tak banyak orang yang tahu seluk beluk usaha event organizer. Tak sedikit pula yang tidak mengerti bagaimana cara memulai bisnis event organizer.

Dalam tulisan ini saya akan mencoba mengulas tuntas mengenai peluang dan cara memulai bisnis event organizer, termasuk perhitungan analisa usahanya. Jika Anda ingin mengambil spesialisasi wedding organizer, silakan baca artikel saya mengenai cara memulai bisnis wedding organizer. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai event organizer, sebaiknya kita menyamakan pemahaman kita terlebih dahulu mengenai apa itu event organizer dan ruang lingkupnya.

Saat kita sedang berjalan-jalan di mall, seringkali kita temui berbagai pameran, seperi pameran otomotif, pameran perumahan, pameran pendidikan, pameran produk UKM, dan macam-macam pameran lainnya. Pernah juga kita menerima segelas susu, teh atau kopi hangat, saat berbelanja di supermarket. Saat lewat di depan sebuah kantor kita jumpai acara pembukaan kantor baru atau launching produk baru. Semua hal tersebut tak lepas dari peran sebuah event organizer yang bertugas merencanakan, mencari berbagai perlengkapan, dan mengawal acara hingga selesai.

Event organizer merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa penyelenggara suatu kegiatan atau acara. Bukan hanya soal pameran, pembukaan kantor baru, dan peluncuran produk baru saja yang melibatkan event organizer. Namun banyak macam acara dan kegiatan dapat ditangani oleh event organizer, tergantung dari permintaan konsumen dan penawaran yang diberikan oleh event organizer. Layanan bisnis event organizer meliputi;

Penyelenggara launching atau peluncuran produk baru
Penyelenggara berbagai jenis pameran
Penyelenggara berbagai jenis event promosi
Penyelenggara berbagai kegiatan intern dan ekstern sebuah perusahaan atau instansi pemerintah
Pelaksana berbagai kegiatan atau acara pribadi, seperti pernikahan, ulang tahun, khitanan, dan berbagai macam acara lainnya.

Event organizer sebagai sebuah bisnis yang mengatur penyelenggaraan berbagai acara pribadi, instansi, maupun perusahaan, sangat dibutuhkan di saat persaingan bisnis semakin kuat. Banyak perusahaan yang membutuhkan peluncuran produk baru agar sesuai harapan. Corporate branding dan product branding dapat ditumbuhkan dengan menyelenggarakan berbagai acara promosi. Misalnya lomba memasak yang diadakan perusahaan kecap, lomba menggambar diadakan perusahaan pensil warna, dan sejenisnya. Semakin ketat sebuah bisnis bersaing dengan perusahaan serupa, maka mereka perlu memiliki cara marketing yang lebih menarik perhatian konsumen. Di sinilah tantangan dan tugas bisnis event organizer untuk merancang acara yang dapat menarik perhatian calon konsumen.

Cara Memulai Bisnis Event Organizer

Bisnis yang memperoleh keuntungan dari keceriaan ini memerlukan beberapa persiapan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda miliki untuk menggeluti bisnis acara ini.

Perijinan

Badan usaha dan kelengkapan ijin usaha sangat dibutuhkan dalam usaha event organizer, karena nantinya perusahaan akan bekerjasama dengan berbagai perusahaan lain dan instansi pemerintah. Kerja event organizer diawali dengan pengajuan proposal, persetujuan, perjanjian kerjasama, dan pelaksanaan. Semua itu membutuhkan adanya bentuk hukum badan usaha, sehingga bisa mengajukan kerjasama dan dapat dipertanggung jawabkan.
Anda dapat memilih CV atau PT sebagai badan hukum usaha Anda. Kalau masih bingung Anda dapat melihat perbandingan bentuk badan usaha yang ada di indonesia dalam artikel yang sudah pernah saya tulis.

Pengalaman

Hal ini wajib anda miliki, jangan menganggap membuat acara itu hal remeh. Jika belum punya pengalaman anda bisa ikut EO lain dulu. Anda juga bisa belajar cara mendapatkan order dari pengalaman ini. 7 Hal berikutnya yang akan kita bahas juga harus diperdalam melalui pengalaman.

Anda harus merelakan diri untuk menggali pengalaman dari orang lain. Kesuksesan jangka panjangmu diawali dar sini.

Bisnis ini akan mengatur catering, hotel, toko bunga, laundry dan banyak hal lainnya. Semua itu butuh koordinasi dan pengalaman.

Anda akan bertemu berbagai jenis orang yang sifatnya berbeda. Pengalaman akan mengajarkan anda mengenai pahit getirnya menghadapi penyelenggara. Anda juga belajar mengatur staf.

Tim Khusus yang Solid

Membuat acara adalah kerja tim. Kreativitas juga hasil diskusi tim. Anda hanya punya 2 tangan, itu tidak cukup untuk memegang semuanya.

Peluang-Usaha-Event-Organizer-EO

Tidak mungkin sebuah acara dipegang satu orang. Setidaknya anda butuh penanggung jawab acara, perlengkapan, konsumsi, dan pengatur dana. Semakin besar acara, semakin kompleks kebutuhannya

Tim yang solid bisa memunculkan ide-ide brilian. Tim yang solid juga menghadirkan suasana kerja yang menyenangkan

Relasi/Kenalan sebanyak-banyaknya

Ini wajib anda miliki, anda harus mencatat tempat memesan bahan baku, menyewa sound system, dan menyiapkan hadiah. Ini penting agar persiapan acara anda mudah dan cepat

Relasi juga memungkinkan kita mendapat lebih banyak client. Mereka bisa merekomendasikan jasa anda.

Kualitas acara yang bagus adalah cara yang ampuh untuk melipatgandakan relasi.

Modal Uang

Total uang yang kita butuhkan untuk memulai bisnis ini bergantung cara kita menjalankan bisnis. Jika kita ingin penyelenggara membayar di muka, sudah pasti jumlah yang kita butuhkan sedikit. Paling sekitar 5 Juta.

Namun jika penyelenggara membayar separuh saja di muka, atau bahkan dibayar semuanya di belakang. Siapkan kocek yang lebih dalam.

ini tentu sangat jauh berbeda dengan bisnis air isi ulang. silahkan saja bandingkan.

Kreativitas

Jaman terus berganti, anda wajib mengetahui apa yang diinginkan pasar saat ini. Kreativitas tim anda sangat penting disini. Anda juga harus update informasi terbaru.

Kesabaran

Percayalah, sabar merupakan modal mutlak untuk bisnis ini. Bisa jadi konsumen anda marah-marah karena suatu hal. Bisa jadi staf anda melakukan kesalahan. Ini semua adalah belajar dari pengalaman.

Facebook dan Website Resmi

Anda butuh ini. Pelanggan akan mencari anda lewat Google, tinggal pasang iklan di Google adwords dan selamat anda akan muncul di halaman 1 Google. Anda dapat pengunjung dan tentunya dapat order. Lakukan hal yang sama di Facebook.

Buatlah web anda seprofesional mungkin. Makin profesional, makin dipercaya oleh calon client.

Event organizer untuk acara pemerintah

Jika anda berbisnis dengan pemerintah, sabar adalah hal yang wajib anda dalami. Berbisnis dengan pemerintah itu sedikit rumit. Misalnya, jika nilainya lebih dari 200 juta, harus ada proses lelang. Anda harus ber NPWP dan menggunakan faktur pajak. Saking rumitnya, pihak yang berhasil berbisnis dengan pemerintah biasanya memperoleh untung besar.

Demikian sekilas mengenai peluang usaha event organizer, tahap memulai usaha event organizer, strategi bisnis event organizer. Semoga bermanfaat.

Sumber : erakini/pojokbisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *