Tips Budidaya Jaboticaba ( Anggur Brazil ) Yang Sangat Menguntungkan

Image result for cara menanam anggur brazilRelated image

 

Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 0 -1.000 meter di atas permukaan laut. Anggur batang ini membutuhkan sinar matahari langsung atau daerah yang agak ternaungi. “Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Brasil dan Indonesia

Biji jaboticaba akan tumbuh menjadi tunas baru setelah satu bulan penanaman. Media pot yang disarankan adalah dua bagian pasir kasar dan satu bagian kompos.

Jaboticaba dapat juga diperbanyak dengan stek. Jaboticaba stek akan berbuah dalam waktu tiga tahun. Sedangkan tanaman yang diperbanyak lewat biji baru bisa berbuah setelah delapan sampai 15 tahun.

Tak hanya itu, peluang bisnis pun masih sangat luas. Buah anggur brazil ini memiliki tingkat ekonomi tinggi, mencapai 100 ribu / kilogram. Peluang yang sangat menjanjikan untuk kita kantongi hasil panennya. Tanaman anggur brazil dari stek dapat berbuah setelah berumur 3 tahunan, jika dihasilkan dari biji bisa lebih lama lagi mencapai 8-15 tahun. Beberapa cara yang akan saya berikan dalam menanam anggur brazil agar dapat tumbuh dengan optimal.
1. Memilih Bibit Anggur Brazil yang Berkualitas.

Memilih bibit yang akan kita tanam haruslah berkualitas, sebab kondisi bibit akan memperngaruhi kelangsungan pertumbuhan tanaman untuk kedepannya. Bibit anggur brazil harus benar-benar sehat, memiliki daun yang hijau sehat dan bebas dari hama penyakit. Berbatang kokoh tidak kering dan usahakan memilih yang rindang.

2. Lokasi Penanaman.

Menentukan lokasi penanaman juga akan mempengaruhi pertumbuhan anggur brazil. Supaya pertumbuhan bibit anggur brazil optimal, pilihlah lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat bisa dilihat dari lokasi lahan harus bersih dari rumput liar disekitar bakal tanam, lahan jangan terlalu sempit, tanah yang kaya akan unsur hara, dan tersinari matahari langsung, tidak ternaungi oleh pohon besar disekitar lahan.

3. Menggali Lobang Tanam.

Setelah lokasi penanaman sudah ditentukan, langkah selanjutnya tinggal menggali lobang tanam untuk tempat penanaman bibit anggur brazil. Penggalian bisa menggunakan alat seperti cangkul, buat lubang dengan ukuran 50x50x50cm. Setelah itu, tanah bekas galian bisa ditambahkan kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi + sekam, tutup dengan plastik.

4. Mengistirahatkan Lahan.

Istirahatkan lubang tanam selama 2-3 hari, tujuannya agar menghilangkan gas-gas racun pada tanah. Bersamaan dengan campuran tanah + kompos + sekam diistirahatkan juga.

5. Mulai Menanam.

Sesudah persiapan lobang tanam disiapkan, langkah selanjutnya adalah penanaman bibit anggur brazil. Ambil bibit anggur yang telah disiapkan, bila bibit masih dalam polybag sobek polybag dengan hati-hati jangan sampai balutan tanah dan perakaran putus. Kemudian letakan pada lubang tanam, posisi jangan sampai miring, harus lurus simetris.

6. Menutup Lubang Tanam.

Langkah selanjutnya tinggal kita menutup lubang tanam dengan campuran tanah+kompos+skam yang sudah kita persiapkan. Tujuannya agar media tanam kaya akan nutrisi baik bagi pertumbuhan bibit tanaman anggur brazil. Supaya tanaman tidak mudah roboh, kita bisa menginjak-injak tanah penutup lubang, namun jangan sampai terlalu padat.

7. Penyiraman.

Penyiraman pertama bisa dilakukan, setelah langkah diatas selesai. Lakukan penyiraman dengan merata dan meresap ke seluruh bagian media tanam. Penyiraman bisa menggunakan embrat agar hasilnya merata dengan optimal.

8. Memasang Ajir.

Dianjurkan penanaman bibit dipasang ajir sebagai penopang bibit agar kokoh dan tidak mudah roboh akibat dari berbagai gangguan, seperti angin yang terlalu kencang dan hewan yang mengganggu tanaman. Ajir bisa dibuat dari bambu dengan ukuran berkisar 1,5 meter.

9. Pemupukan Rutin.

Tanaman sangat membutuhkan nutrisi bagi kelangsungan tumbuhnya, maka kita perlu menyuplay nutrisi yang dibutuhkan tanaman anggur brazil. Pemberian nutrisi secara rutin dapat menjadikan tanaman sehat, juga kebal akan serangan penyakit serta tumbuh optimal. Saya akan beri tips untuk memberikan pemupukan rutin pada penanaman anggur brazil, bisa menggunakan pure organik atau dengan kombinasi kimia. Berikut cara pemupukan yang bisa diberikan..

Cara Kombinasi Kimia :
20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW

Cara Organik :
1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW

Aplikasi pemupukan ini sebaikanya rutin dilakukan 1 bulan sekali.

10. Mempercepat Munculnya Bunga/Buah.
Pada umumnya tanaman anggur brazil dari hasil stek bisa menghasilkan buah kisaran 3 tahun. Dengan pertumbuhan subur, pembuahan juga perlu dipacu dengan memberikan hormon perangsang buah. Yang saya biasa gunakan untuk mempercepat pembuahan yaitu POC BMW. POC BMW dapat merangsang munculnya buah lebih cepat pada tanaman buah. Pengaplikasiannya bisa disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air, intervalnya 7-10 hari sekali.

11. Perawatan
Tidak terlepas dari pemupukan yang rutin, faktor yang menunjang tanaman tumbuh optimal juga dengan perawatan lainnya seperti melakukan pembersihan disekitar tanaman jika ada tumbuh rumput-rumput liar disekitar tanaman, penyiramanan yang rutin bisa 1-2 kali sehari, namun tergantung kelembaban tanah juga.
Jaboticaba dapat juga diperbanyak dengan stek. Jaboticaba stek akan berbuah dalam waktu tiga tahun. Sedangkan tanaman yang diperbanyak lewat biji baru bisa berbuah setelah delapan sampai 15 tahun. metode pengembangan dengan stek. Pohon jaboticaba sudah bisa dijual saat berusia lebih dari enam bulan dengan tinggi 20 cm sampai 30 cm.

Satu-satunya hama yang menyerang jaboticaba adalah kutu daun yang akan membuat daun keriting. Meski tak akan membuat tanaman mati, daun keriting akan mengurangi keindahan. Kutu ini hanya menyerang jaboticaba berusia di bawah 1,5 tahun. “Untuk menanggulanginya cukup dengan pestisida,

Jaboticaba termasuk tanaman kuat. Namun, ia membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan berbuah. Upaya mempersingkat pembuahan dilakukan dengan cara stek dari minimal delapan tahun menjadi tiga tahun saja.

Jika tanaman sudah dewasa, cukup diberi perangsang pembungaan atau inisiasi serta memperbanyak penyiraman pada bagian batang pohon. Saat jaboticaba berbuah, pohon akan terlihat indah karena buahnya menempel pada setiap batang pohon dengan jumlah yang sangat banyak.

Sumber : mintainformasi/sumber lainnya

Your email address will not be published. Required fields are marked *