Pemasaran Online, Strategi Baru Dunia Bisnis

Di era yang serba terhubung dengan komputerisasi saat ini membuat para pengusaha mulai mencari akal untuk memperbarui sistem pemasaran mereka selama ini. Apalagi dengan semakin maraknya penggunaan internet di berbagai kalangan, menciptakan peluang baru untuk semakin melebarkan sayap para pebisnis untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat lebih luas.

Seolah menangkap peluang tersebut, kini dikembangkanlah bisnis baru dengan memanfaatkan internet dan mesin pencari Google untuk memasarkan produknya. Kenapa Google? Karena hampir 80% para pengguna internet menggunakan search engine tersebut untuk memudahkan mereka mencari informasi yang mereka butuhkan dengan memasukkan kata kunci tertentu. Dan perilaku tersebut pun dimanfaatkan oleh para penyedia jasa pemasaran online.

Konsepnya hampir sama dengan pemasaran konvensional, yaitu dengan memperkenalkan produk, memberikan penawaran tertentu agar menarik calon konsumen, pencarian calon pembeli, dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran. Adapun tehnik-tehnik yang digunakan dalam jasa pemasaran adalah dengan pembuatan website/ blog, promosi melalui banner dan dipasangkan di blog orang lain, promosi melalui optimalisasi mesin pencari informasi, promosi melalui e-mail, pemasaran melalui sistem afiliasi, dan iklan interaktif. Cara-cara tadi terbukti efektif meningkatkan pengunjung web suatu usaha sehingga akan meningkatkan trafik penjualan bagi perusahaan tersebut.

Namun menjadi pelaku jasa pemasaran pun juga tidak mudah, karena mereka harus memiliki strategi dalam memasarkan produk atau jasa tersebut. Salah satu strategi paling umum yang digunakan adalah strategi CTPM (Content, Traffic, Pre-sell, Monetize) yang diperkenalkan oleh Ken Evoy.

Yang perlu di garis bawahi oleh para pelaku Jasa Pemasaran adalah berhasil atau tidaknya jasanya adalah seberapa tertarik calon pembeli dengan produk atau jasa yang kita iklankan. Dan yang penting adalah menarik calon pembeli dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya dan tentunya menarik bagi calon pembeli terkait produk atau jasa yang di pasarkan.

Hal penting selanjutnya adalah bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat informasi yang telah kita buat sebelumnya. Untuk itulah diperlukan tehnik Branding, yaitu suatu tehnik untuk memberikan kesan indah atau menarik atas produk atau jasa yang telah kita pasarkan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *